Selasa, 04 Mei 2010

Cap Cay

Dulu, waktu saya masih di Semarang, saya dan keluarga suka sekali beli capcay di daerah Peterongan dekat Java Mall. Kalo kesini pasti ngantreee bangget. Kalo kesorean, kita harus minta nomor ke penjualnya dulu buat antreannya. Ngga main-main, nomornya bisa sampe angka 100! Memang, enak siih, ni capcay. Nah, berhubung, kita sudah ga di Semarang lagi, saya nyoba buat bikin tiruannya. Hhe. Lumayan berhasil, cuma bahannya kurang lengkap (kekian). Jadi ya, saya juga bikin tiruan kekiannya. Tapi kekian yang saya bikin lebih mirip gimbal udang. Okay, here's the recipe...

Bahan CapCay:
Bawang putih
Bawang bombay
Daging ayam dipotong dadu
Saus tomat (tapi lebih enak pake pasta tomat)
Kecap
Garam
Merica bubuk
Wortel
Sawi sendok
Brokoli
Tomat
Tepung maizena untuk mengentalkan
Air
Minyak untuk menumis


Bahan gimbal:
Tepung terigu
Udang kupas potong dadu
Garam
Merica
Air

Steps capcay


Panaskan minyak

Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum

Masukkan ayam, masak sampai matang

Saus tomat

Kecap

Air

Merica

Garam, kemudian aduk hingga rata.

Masukkan wortel


Sawi dan brokoli

terakhir tomat. Masak dan aduk rata semua bahan. Jangan terlalu lama memasaknya, biar sayurannya tidak lembek dan hilang vitaminnya.


Steps gimbal:

Tepung terigu


Air

Udang, garam, dan merica kemudian aduk rata dan goreng adonan.

Naah, kalo capcay dan gimbalnya udah jadi, ini hasil yang saya buat..hhe



Semoga bermanfaat!

*ps: maaf tidak ada takarannya. Saya tidak pakai takaran. Hhe.

2 komentar:

  1. lo masak bel? ya ampun! jago bangeeeeeeet! kapan2 bikinin gue tjap tjae-nya dong kayaknya enak tuh :p

    BalasHapus
  2. hekkekkk...
    gantian laah, elu yang masak. ntar gua masukin ke blog. hheh.

    BalasHapus